Instrumen Pesawat Terbang
Sebelum membahas tentang
instrument pesawat terbang ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal
ruang kemudi pesawat terbang. Ruang kemudi pesawat terbang sering
dinamakan dengan Cockpit. Cockpit/Flight Deck adalah sebuah ruangan
khusus yang biasanya terdapat di bagian depan pesawat yang dari dalamnya
pilot bisa mengendalikan pesawat terbang. Cockpit terdiri dari Flight
Instrument dan Flight Control yang memungkinkan pilot untuk
mengendalikan pesawat.
Cockpit A380 Luftansa, filghtglobal
Flight Instrument adalah
instrumen-instrumen yang terdapat di dalam cockpit pesawat yang
memberikan informasi tentang situasi penerbangan dari pesawat yang
sedang dikendalikan, seperti ketinggian, kecepatan, arah, tekanan dsb.
Fungsi sistem instrumen pesawat terbang
adalah untuk mengukur berbagai parameter (data-data) yang berhubungan
dengan penerbangan dan menampilkan hasilnya untuk dibaca pilot.
Sebagian besar instrumen-instrumen yang
kita dapati di cockpit dari suatu pesawat umumnya dapat dibagi atas 4
jenis antara lain adalah :
a. Flight instruments (instrumen terbang).
b. Engine / Power plant (instrumen motor).
c. Navigation instruments (instrumen navigasi).
d. Auxiliary instruments (instrumen tambahan).
Flight instruments (instrumen terbang).
Adapun Instrumen Terbang antara lain sebagai berikut :
- Air speed indicator
Airspeed Indicator menampilkan kecepatan
pesawat (dalam knot) relatif terhadap keadaan udara di sekitar pesawat
atau biasa disebut IAS (Indicated Airspeed). IAS merupakan kecepatan
pesawat (TAS/True Airspeed) yang dipengaruhi oleh kepadatan udara
(dipengaruhi oleh ketinggian, suhu, dan kelembaban) di sekitar pesawat.
Airspeed Indicator, wikipedia
- Altimeter.
Altimeter menunjukkan ketinggian dari pesawat yang dihitung dari atas permukaan laut (ASL/Above Sea Level).
Altimeter, wikipedia
- Vertical speed indicator.
Instrumen ini menampilkan kecepatan
pendakian/penurunan pesawat setiap waktu (dinyatakan dalam feet/minute).
Jika bernilai positif, artinya pesawat sedang melakukan pendakian
(climbing), sebaliknya jika negatif artinya pesawat sedang menurun
(descending).
Vertical speed indicator, pilotfriend
- Turn and Bank Indicator
Turn and Bank Indicator menampilkan pergerakan aileron dan rudder yang digunakan untuk membelokkan pesawat.
Turn Indicator, Ozpilot
Flight Control Surface, Wikipedia
- Artificial horizon.
Attitude Indicator/Artificial Horizon
menunjukkan letak pesawat terhadap garis horison. Instrumen ini dapat
memberi informasi ketingg ian nose pesawat terhadap garis horison saat
sedang mengudara sehingga dapat menghindari peristiwa stall akibat nose
yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Attitude Indicator, wikipedia
Dari semua instrumen di atas, terdapat
enam instrumen dasar yang diletakkan tepat di depan pilot yang disusun
dalam bentuk T arrangement, yaitu: Airspeed Indicator, Attitude
Indicator, VSI, Altimeter, Heading Indicator, dan Turn Indicator.
Engine / Power plant (instrumen motor)
Instrumen-instrumen yang termasuk “Engine instruments” adalah sebagai berikut :
- Tachometer atau Engine speed indicator menampilkan pengukuran putaran crank shaft
- Oil pressure indicator menampilkan pengukuran tekanan oli
- Oil temperature indicator menampilkan pengukuran suhu oli
- Cylinder-head temperatur menampilkan pengukuran suhu kepala silinder
- Jet-pipe temperature indicator atau exhoust gas temperatur menampilkan pengukuran suhu pipa buang jet
- Fuel pressure indicator menampilkan pengukuran tekanan bahan bakar
- Fuel-quantity indicator atau fuel gauge menampilkan pengukuraan jumlah bahan bakar).
- Fuel-flow indicator menampilkan pengukuran aliran bahan bakar).
- Manifold pressure gauge menampilkan pengukuran tekanan manifold khusus untuk supercharged engine.
- Turbine inlet temperature indicator menampilkan pengukuran suhu inlet turbin engine.
- Carburator-intake air temperature indicator menampilkan pengukuran suhu udara karburator.
- Torque indicator untuk turbo propeller engine menampilkan pengukuran torsi propeler.
- Thrust indicator untuk turbo jet engine menampilkan pengukuran gaya dorong pesawat turbo jet.
Navigation instruments (instrumen navigasi).
lnstrumen-instrumen yang termasuk “Navigation instruments” antara lain sebagai berikut :
- Magnetic compass.
Kompas menampilkan arah maju pesawat (heading) relatif terhadap kutub utara bumi.
Aero-Magnetic Compass, wikipedia
- Direction gyroscopic indicator atau Heading Indicator
Heading Indicator atau Directional Gyro
merupakan instrumen yang menunjukkan heading dari pesawat relatif
terhadap arah utara berdasarkan letak geografis bumi. Instrumen ini
dikalibrasi berdasarkan arah utara kutub magnet bumi (dari Magnetic
Compass) untuk meningkatkan kepresisian penunjukan arah. Pada
pesawat-pesawat jet saat ini, Heading Indicator digantikan oleh HSI
(Horizontal Situation Indicator) yang selain menampilkan informasi
heading juga menampilkan informasi navigasi (VOR/ILS).
Direction Indicator, kaskus
Horizontal Situation Indicator, greggordon
- Remote indicating compass.
- Radio magnetic indicator (R.M.I.)
Radio Magnetic Finder biasanya
berpasangan dengan ADF (Automatic Direction Finder) yang berguna untuk
penentuan posisi bandara menggunakan NDB (Non-directional Beacon).
- Course Deviation indicator.
Instrumen ini digunakan sebagai informasi
navigasi yang mengindikasikan posisi pesawat berdasarkan jalur yang
telah didaftarkan sebelumnya, juga bisa menunjukkan informasi VOR/ILS.
Instrumen ini diintegrasikan dengan Heading Indicator yang dikenal
dengan sebutan HSI (Horizontal Situation Indicator).
- Drift meter.
perangkat optik yang digunakan untuk meningkatkan dead reckoning navigasi pesawat.
- Outside air temperature indicator.
Menampilkan pengukuran suhu udara luar pesawat.
- Clock.
Sebagai petunjuk waktu pada pesawat terbang
Clock, popscreen
Auxiliary instruments (instrumen tambahan).
Instrumen-instrumen yang termasuk “Auxiliary instruments” antara lain sebagai berikut :
- Landing gear position indicator menampilkan posisi roda pendaratan.
- Flap position indicator menampilkan posisi Flap.
- Accelerometers (“G” meters).
- Fatigue meters.
- Cabin pressure indicator menampilkan pengukuran tekanan kabin.
- Cabin temperature indicator menampilkan pengukuran suhu kabin pesawat.
- Hydraulic pressure indicator menampilkan pengukuran tekanan sistem hidrolis pesawat terbang.
- Suction gauge.
- Angle of attack indicator menampilkan pengukuran sudut serang pesawat terbang.
- Anti icing temperatur indicator menampilkan suhu peralatan anti icing pesawat terbang.
Instrumen Kokpit Modern
Tren cockpit pada pesawat terbang modern adalah menggunakan sistem yang lebih canggih dan modern (computerize) yang
biasa disebut dengan Glass Cockpit atau Electronic Cockpit, yaitu
cockpit yang instrumen-instrumennya berupa layar monitor yang
menampilkan berbagai informasi secara terkomputerisasi.
Instrumen-instrumen ini tidak dapat dipisahkan dari instrumen dasar yang
dijelaskan di atas, tetapi instrumen-instrumen ini menampilkan
informasi yang lebih lengkap mengenai pesawat yang dikendalikan pilot.
MCP (Mode Control Panel)
MCP terletak tepat di tengah pada panel
(biasanya di bagian atas main panel). Pada MCP terdapat knob untuk
mengatur heading (HDG), kecepatan (SPD), ketinggian (ALT), vertical
speed (V/S), vertical navigation (VNAV), dan lateral navigation (LNAV),
yang dapat diaktifkan dengan mengaktifkan autopilot dan/atau
autothrottle (untuk SPD). MCP merupakan desain mode penerbangan otomatis
(autoflight) yang dibuat Boeing. Pada pesawat keluaran Airbus, mode
autoflight diatur pada FCU (Flight Control Unit).
PFD (Primary Flight Display)
PFD terletak pada main panel tepat pada
arah pandang pilot/copilot. PFD merupakan gabungan dari fungsi
altimeter, attitude indicator, airspeed indicator, heading indicator,
dan VSI. Selain itu, PFD juga dapat menampilkan status dari MCP apakah
aktif atau tidak.
Primary Flight Display, image by pilatus aircraft ltd
ND (Navigation Display)
ND menampilkan informasi rute pesawat dan
waypoint selanjutnya yang telah didaftarkan pada flightplan. ND juga
menampilkan kecepatan angin (wind speed) dan arah angin (wind
direction).
EICAS/ECAM
EICAS (Engine Indication and Crew
Alerting System)/ECAM (Electronic Centralized Aircraft Monitor)
menampilkan informasi tentang kondisi mesin (seperti nilai N1, N2, dan
N3), temperatur dan jumlah bahan bakar, sistem electric, suhu dan
tekanan cockpit dan kabin, serta menampilkan informasi control surfaces.
EICAS digunakan pada pesawat Boeing, sedangkan ECAM digunakan oleh
Airbus.
FMS/FMC
FMS (Flight Management System)/FMC
(Flight Management Computer) adalah instrumen yang digunakan pilot untuk
mengatur flightplan sehingga MCP (terutama LNAV dan VNAV) dapat
diaktifkan. Flightplan meliputi jalur yang akan dilewati pesawat,
kecepatan saat take-off, cruising, dan landing, serta informasi lainnya
yang harus disiapkan sebelum penerbangan dimulai. Pada pesawat Airbus,
informasi flightplan diatur menggunakan FMGC (Flight Management Guidance
Computer).
Referensi :
(kedirgantaraan blogspot, ditpsmk kemendiknas)